Sabtu, 12 November 2016

Cara Mendapatkan Ide Secara Mudah



“Menulis merangsang pemikiran, 
jadi saat Anda tidak bisa memikirkan sesuatu untuk di tulis, 
tetaplah mencoba untuk menulis”

( Barbara )



MEMANG aneh namun nyata! Apa yang dikatakan Barbara di atas memang ada benarnya. Saat Anda tidak bisa memikirkan sesuatu pun untuk ditulis, tetaplah mencoba untuk terus menulis. Perlahan namun pasti inspirasi akan mendatangi Anda.

Adalah novelis Ernest Hemingway yang sudah pernah membuktikannya. Beliau punya kebiasaan menuliskan suasana tempat kerjanya sebelum menuliskan karya yang sesungguhnya. Dari kebiasaan inilah lahir karya-karya monumental seperti The Old Man and The Sea, yang mengantarkan beliau mendapatkan penghargaan Nobel Sastra pada tahun 1954.

Melihat fenomena di atas, kita boleh mengibaratkan menulis seperti halnya berolahraga. Semua orang pasti menyadari betapa pentingnya pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga. Tujuannya tentu untuk mencegah cedera otot yang tidak diinginkan. Pemanasan hanyalah berupa gerakan-gerakan ringan namun terbukti ampuh dampaknya.

Menulis juga butuh pemanasan. Tujuannya tak lain supaya pikiran nyaman. Berlatih menuliskan hal-hal ringan seperti menggambarkan suasana tempat kerja dan sebagainya; juga akan melenturkan  pikiran dalam mengolah kata-kata. Perasaan yang nyaman akan membuat pikiran dalam kondisi siap dan fokus untuk menuliskan target tulisan.

Dan ada kabar menggembirakan bagi Anda yang ingin melakukan kebiasaan Ernest Hemingway di atas. Pada saat Anda menuliskan hal-hal ringan yang sepertinya tidak berarti itu dengan cara mengalir begitu saja tanpa tuntutan harus benar susunan katanya, tanda bacanya, dan seterusnya; justru Anda akan menemukan ide. Ketika Anda merasa dihinggapi ide, segeralah tulis segala hal yang memenuhi pikiran sampai habis tak tersisa.

Langkah selanjutnya Anda hanya perlu istirahat. Esok hari bukalah kembali lembar tulisan tersebut. Sunting beberapa bagian yang perlu dibenahi. Tambahkan beberapa hal yang diperlukan. Kalau merasa tidak puas, Anda boleh istirahat dan mengeditnya esok hari lagi pada saat pikiran sudah segar kembali. Satu hal yang pasti, Anda sudah bisa membuktikan mampu menemukan ide melalui kebiasaan menuliskan hal-hal ringan yang tidak menuntut banyak pikiran.



Surabaya, 12 Nopember 2016







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Cepat dan Tuntas Menulis Cerita Pendek

1. Mencari ide  Ide bisa datang dari mana saja, jadi bawa buku kecil kemana saja Anda pergi. Tulis semua ide yang melintas di pikiran An...