Senin, 28 November 2016

Gemar Membaca adalah Langkah Awal Menuju Dunia Menulis



"Penulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik"
( Hernowo ) 

Kalau Anda gemar membaca, maka dapat dipastikan di dalam hati kecil Anda, ada keinginan untuk menulis. Hasrat menulis ini bisa berwujud komentar yang Anda lontarkan saat menyelesaikan sebuah bacaan. Mungkin Anda kurang setuju dengan isi buku, mungkin setuju namun ada koreksi, atau mungkin juga Anda tercetus ide menulis buku yang merupakan pengembangan dari tema buku yang baru saja Anda baca.

Keinginan menulis memang biasanya diawali dari kegemaran membaca. Dan membaca tidak hanya sebatas membaca buku bacaan, namun Anda bisa membaca fenomena-fenomena di dunia. Tuhan menciptakan alam beserta isinya ini adalah sumber inspirasi yang tak pernah habis untuk dijadikan bahan tulisan.

Semakin baik kemampuan seseorang membaca maka akan semakin peka pula kemampuannya dalam mengidentifikasi ide. Dan uniknya, setiap orang punya sudut pandang yang berbeda meski minatnya sama. Misalnya, Si A dan Si B sama-sama tertarik pada fenomena alam yang berupa air. Boleh jadi Si A akan menuliskannya dalam bentuk non fiksi, sedang Si B tergerak keinginannya untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan fiksi.

Satu hal yang pasti, Anda dikatakan mempunyai kemampuan membaca yang baik mana kala Anda merasakan munculnya berbagai pertanyaan-pertanyaan selama Anda fokus dengan bahan bacaan. Pertanyaan-pertanyaan ini timbul bukan karena penulisnya kurang bagus dalam menulis namun karena Anda rajin bertanya. Sesederhana apa pun pertanyaan, itu membuktikan Anda pembaca aktif. Dan Anda akan dihinggapi hasrat menulis untuk melengkapi suguhan informasi yang sudah ada menjadi karya tulis yang lebih utuh dan bermakna.


Surabaya, 29 Nopember 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Cepat dan Tuntas Menulis Cerita Pendek

1. Mencari ide  Ide bisa datang dari mana saja, jadi bawa buku kecil kemana saja Anda pergi. Tulis semua ide yang melintas di pikiran An...